Jumat, 14 Juni 2013

#Mengenal Berbagai Kelainan Rahim


Rahim atau uterus adalah organ tubuh tempat di mana janin dibesarkan. Rahim terbentuk saat bayi masih dalam kandungan, dan karena faktor yang belum diketahui, beberapa bayi memiliki bentuk rahim tidak sempurna. Ini disebut kelainan rahim bawaan. Misalnya rahim yang ukurannya kecil sekali, membentuk tanduk, bersekat, atau bahkan terbelah dua hingga membentuk dua rahim yang berukuran tak normal.

Kelainan bentuk rahim juga bisa terjadi ketika kita dewasa, kondisi ini diakibatkan adanya tumor atau massa yang terdapat di rahim seperti mioma atau polip.

Bentuk normal rahim adalah seperti buah alpukat yang gepeng dengan berat 30-50 gr, walaupun ukurannya kecil rahim merupakan tempat yang ideal dan nyaman untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.Rahim mempunyai dua saluran di sebelah kanan dan kiri yang berhubungan dengan indung telur di sebelah atas kanan dan kiri. Pada bagian bawah rahim berhubungan dengan vagina sebagai muara tempat keluarnya bayi pada saat proses melahirkan.

Ada beberapa kelainan bentuk rahim yang bisa menimbulkan gangguan pada kemampuan reproduksi, di antaranya :

* Uterus Septus : bagian luar rahim tampak normal tapi ada sebagian atau seluruh dinding rahim bagian dalam yang terbelah menjadi 2 bagian seolah-olah menjadi sekat. Untuk mengatasi kelainan ini diperlukan tindakan operasi, bila tidak ada kelainan yang lain biasanya hasilnya sangat baik, wanita bisa melahirkan secara normal.

* Uterus Bikornis : bentuk rahim menyerupai hati, memiliki sekat di bagian dalam, dan terbagi 2 di bagian luar. Kelainan ini juga bisa diperbaiki dengan operasi.

* Uterus Didelfis : kelainan rahim ganda, karena diasosiasikan memiliki dua leher rahim. Pada sebagian kasus terdapat dinding yang memisahkan vagina juga menjadi 2 bagian, untuk kelainan ini jarang dilakukan operasi.

Berbagai kelainan bentuk rahim tersebut sulit dideteksi, biasanya kelainan baru diketahui pada saat seorang wanita dalam masa kehamilan. Jumlah wanita yang mengalami kelainan bentuk rahim diperkirakan hanya 0,1%, dan selama tidak menimbulkan masalah kelainan bentuk rahim tersebut tidak perlu dipersoalkan. Kalaupun ternyata menimbulkan gangguan atau keluhan kelainan bentuk rahim masih bisa diperbaiki dan wanita tersebut masih bisa hamil secara normal

0 Responses to “#Mengenal Berbagai Kelainan Rahim ”

Posting Komentar

Official Sponsor

All Rights Reserved #Mars Indo | Blogger Template by Bloggermint